Keindahan Wisata Pantai Parangtritis daerah Yogyakarta

SAKSIKAN FESTIVAL PESONA PALU NOMONI 2017

Saksikan Festival Pesona Palu Nomoni 2017 

Pariwisata Indonesia - sehabis sukses menyelenggarakan Festival Pesona Palu Nomoni 2016, Kota Palu yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia akan kembali menggelar Festival Pesona Palu Nomoni 2017 yang akan terjadi dari tanggal 22 - 27 September 2017 di selama Pesisir Teluk Palu. Acara ini akan dimulai dari ujung Hotel Wina Beach sampai menuju Swiss Bell Hotel.

Festival Pesona Palu Nomoni 2017

Acara yang terjadi sepanjang 5 hari itu Festival Pesona Palu Nomoni 2017 akan menampilkan beragam atraksi seni serta budaya diantaranya pertunjukkan Seruling Tradisional Kolosal 520 lalove serta 1040. orang penabuh "gimba" yaitu diatas panggung bambu disinari obor tradisional di 520 peniup Lalove serta Sulo (obor) di selama Teluk Palu. disamping itu acara ini dimeriahkan dengan Lomba Perahu Tradisional Sandeq, Lomba berenang menyeberangi Teluk Palu serta kompetisi seru lainya 

Selain acara diatas, Kamu juga dapat menyaksikan Atraksi Sepuluh Ritual Adat Balia dari Suku Kaili di Lembah Palu. sebagian ritual dari Sepuluh Atraksi Ritual Adat Balia ialah Ritual Pompoura yaitu menginjak-injak bara api serta Ritual Adat Enje Da'a. yang akan digelar di depan Rumah Makan Taman Ria, Teluk Palu. disamping itu kamu juga dapat menyaksikan Ritual Tampilangi Ulujadi serta Pompoura Vunja yang akan dilaksanakan di Taman Datokarama. Ritual Manuru Viata serta Ritual Adat Jinja yang akan dilakukan di ujung Jembatan 4 Ponulele Balia Topoledo serta Vunja Ntana di Tugu Gerhana Matahari Teluk Palu 

Acara ini juga dimeriahkan dengan Tujuh Panggung Utama Seni Tradisi serta Budaya Nusantara layaknya Panggung Budaya Sulawesi Tengah, Panggung Budaya Sulawesi Selatan, Panggung Budaya Jawa serta Sunda, Panggung Budaya Gorontalo serta Sulawesi Utara, Panggung Budaya Bali, Panggung Budaya Tionghoa serta Panggung Religi 
Selain dimeriahkan dengan Pesta Budaya, Festival Pesona Palu Nomoni 2017 juga dimeriahkan dengan "Palu Nomoni Internasional Marathon" yang merupakan ajang lari marathon kedua yang diselenggarakan di Kota Palu. 

Berikut Rangkaian Acara Festival Pesona Palu Nomoni 2017 yang bisa Kamu saksikan Half Marathon Palu Nomoni 2017 (24 September 2017)
Lomba Perahu Layar Tradisional (25 September 2017)
Lomba Renag Lintas Teluk Palu (25 September 2017)
Fun Bike Palu Nomoni 2017 (24 September 2017)
Arena Kampung Kaili 
Gelar Kuliner Tradisional Kaili.

Baca Juga : 10 Tempat Menakjuban Di Watobi

Pameran Foto Palu selama Masa Festival Pesona Palu Nomoni sudah digelar dari ketika tahun 2008 dimana lebih awal bernama "Festival Teluk Palu". kini di tambahkan kata Nomoni yang maknanya "Berbunyi" supaya tiap orang senantiasa mengingat jikalau gema dari sedikit Palu tersebutkan akan memicu bunyi yang harmonis. disamping itu Festival Pesona Palu Nomoni dijadikan sebagai spirit buat menggaungkan ragam kebudayaan etnis Kaili di Lembah Palu kepada dunia. 

Kota Palu yang berjuluk "Mutiara Di Khatulistiwa" merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Tengah yang banyak mempunyai tempat wisata menarik buat dikunjungi layaknya Taman Nasional Lore Lindu serta Lembah Bada yang misterius dimana banyak terkandung Patung Megalitik yang menyerupai Pulau Paskah dan Kepulauan Togean di Teluk Tomini yang memberi pilihan keindahan bawah laut Teluk Tomini. 
sumber: palunomoni.com

Komentar